Assalamualaikum
warohmatullahi wabarokatuh
Penilaian
adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan
belajar dan capaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik. Penilaian
hasil belajar peserta didik dilakukan sesuai dengan tujuan penilaian secara
berkeadilan, objektif, dan edukatif.
Penilaian
hasil belajar secara berkeadilan merupakan penilaian yang tidak bias oleh latar
belakang, identitas, atau kebutuhan khusus peserta didik. Penilaian hasil
belajar secara objektif merupakan penilaian yang didasarkan pada informasi
faktual atas pencapaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik.
Sedangkan penilaian hasil belajar secara edukatif merupakan penilaian yang
hasilnya digunakan sebagai umpan balik bagi pendidik, peserta didik, dan orang
tua untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar.
Prosedur
penilaian hasil belajar peserta didik meliputi: (a) perumusan tujuan penilaian;
(b) pemilihan dan/atau pengembangan instrumen penilaian; (c) pelaksanaan
penilaian; (d) pengolahan hasil penilaian; dan (e) pelaporan hasil penilaian.
Perumusan
tujuan penilaian memperhatikan keselarasan dengan tujuan pembelajaran yang
merujuk pada kurikulum yang digunakan satuan pendidikan. Pelaksanaan penilaian
dapat dilakukan sebelum, pada saat, dan/atau setelah pembelajaran. Pengolahan
hasil penilaian dilakukan dengan menganalisis secara kuantitatif dan/atau
kualitatif terhadap data hasil pelaksanaan penilaian yang berupa angka dan/atau
deskripsi. Pelaporan hasil penilaian dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan
belajar.
Untuk
memudahkan sobat guru sekolah dasar dalam pengolahan penilaian dan pelaporan
penilaian kepada peserta didik, pada kesempatan ini izinkan berbagi aplikasi
pengolahan penilaian kurikulum merdeka untk jenjang sekolah dasar.
Pada
aplikasi ini sudah dilengkapi tujuan pembelajaran. Namun demikian bagi sobat
guru yang menginginkan mengubahnya dapat dilakukan secara langsung tanpu buka
protect. Aplikasi ini juga sudah mengakomodir muatan loka Sekolah Sisan Ngaji
pada muatan lokal 3. Jadi pada muatan lokal 3 penilaiannya sudah terintegrasi
dengan agama masing-masing peserta didik.
Aplikasi ini bisa digunakan sejak awal tahun ajaran sebagai aplikasi penilaian harian.
Panduan penggunaan aplikasi ini bisa dilihat pada video berikut:
Video tutorial juga disematkan pada aplikasi rapor.
➤ RAPOR KURIKULUM MERDEKA (+SSN) KELAS I
➤ RAPOR KURIKULUM MERDEKA (+SSN) KELAS II
➤ RAPOR KURIKULUM MERDEKA (+SSN) KELAS III
➤ RAPOR KURIKULUM MERDEKA (+SSN) KELAS IV
➤ RAPOR KURIKULUM MERDEKA (+SSN) KELAS V
➤ RAPOR KURIKULUM MERDEKA (+SSN) KELAS VI
Sebagai bahan referensi apabila menghendaki mengganti mata pelajaran MUATAN LOKAL, berikut ini kami bagikan link unduh materi muatan lokal berbagai daerah
➤ MULOK BAHASA JAWA (JAWA TENGAH)
➤ MULOK TEMBANG JAWA (JAWA TENGAH)
➤ MULOK BAHASA JAWA (JAWA TIMUR)
➤ MULOK BANJAR (KALIMANTAN SELATAN)
➤ MULOK TANAH LAUT (KALIMANTAN SELATAN)
➤ MULOK BUDAYA KOMERING (SUMATERA SELATAN)
➤
Semoga aplikasi ini membantu bapak ibu guru sekolah dasar dalam pengolahan dan pelaporan penilaian peserta didik. Salam edikasi
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
maaf pak..raport kelas 6 kok saya tdk bisa donload jih,mohon petunjuk...swun
BalasHapus