Halaman

Minggu, 19 Juli 2020

Download KD Kurikulum 2013 SD/MI (xlxs)


Sebelumnya kita tahu bersama bahwa kurikulum sekarang yang banyak digunakan dan berlaku adalah kurikulum 2013 revisi 2017 yang artinya sudah ada penyempurnaan dari tahun – tahun sebelumnya. Meskipun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa masih juga banyak sekolah yang memakai kurikulum lama seperti KTSP.
Nah apa perbedaan mendasar antara KTSP dan Kurikulum 2013 atau K13? sedeharananya jika di KTSP yang menjadi pusat dalam pembelajaran adalah Guru, sedangkan di K13 adalah Siswa. Jadi seperti ini, di KTSP guru dianggap sebagai sentral pembelajaran jadi semua sumber pembelajaran berasal dari guru dan dalam prakteknya kebanyakan siswa hanya pasif mendengarkan materi yang disampaikan guru. Sedangkan di K13 sebaliknya, siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran, bisa mencari materi selain dari guru dan juga tidak hanya pasif mendengarkan artinya siswa diharapkan terus aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut.
Nah itu ulasan singkat tentang K13 dan perbedaannya dengan KTSP, lalu kenapa ada revisi 2017? seperti yang kita ketahui bersama diawal kemunculannya kurikulum 2013 ini menuai banyak kontroversi, seperti penghapusan matapelajaran TIK. Sontak hal ini diprotes banyak kalangan terutama guru TIK itu sendiri karena pekerjaannya terancam.
Selain itu, banyak pihak yang menyebutkan bahwa jika TIK dihilangkan hal itu akan sangat berdampak buruk bagi perkembangan IT di indonesia sendiri. Selain itu, K13 ternyata tiak cocok diterapkan di daerah – daerah yang rata – rata fasilitasnya masih kurang seperti tidak ada LCD Proyektor, dll.
Maka dari itu munculah revisi untuk kurikulum 2013 ini, mulai dari revisi 2016 dan yang terbaru sekarang adalah K13 revisi 2017, dimana matapelajaran TIK ada kembali di kurikulum ini. Dan sebagai pengajar tentu anda akan membuat RPP, dan di Silabus anda akan melihat kata Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, apakah itu?
Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan siswa untuk mencapai suatu Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program. Sedangkan, Kompetensi Dasar adalah kemampuan siswa untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. KD terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotorik ).
Nah itulah ulasan tengan KI dan KD, semoga dapat bermanfaat.
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,  yaitu  (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual,  yaitu “Menerima dan menjalankan  ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial,  yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),  yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. 
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Berikut ini KD untuk SD/MI berdasarkan Permendikbud nomor 37 tahun 2018 yang anda bias unduh pada masing-masing link berikut ini
  1. KD SD K13 Kelas 1
  2. KD SD K13 Kelas 2
  3. KD SD K13 Kelas 3
  4. KD SD K13 Kelas 4
  5. KD SD K13 Kelas 5
  6. KD SD K13 Kelas 6
Yang kesulitan menentukan KKM, silahkan kunjungi Aplikasi KKM SD K13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar